Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pesona Indah Laut Pulau Kesuy Desa Utta Maluku

Pemandangan pesisir pulau kesuy


Pesona laut Desa Utta, beginilah aktivitas, serta transportasi masyarakat pulau kesuy terkhususnya Desa Utta, longboat sebagai alat transportasi Uttama. 


Keseharian masyarakat setempat di dominan oleh aktivitas dengan longboat untuk menjangkau dari desa yang satu ke desa yang lain, terlihat ramai jika pada saat jadwalnya kapal laut sandar di pelabuhan kesuy


Tak heran jika pada saat jadwal kapal dari bula, dan ambon masyarakat berbondong-bondong menuju ke pelabuhan untuk membelanjakan kebutuhan sehari-sehari, sebenarnya untuk kebutuhan sehari-sehari-hari bukan hanya tergantung masuk kapal di kesuy akan tetapi kebutuhan masyarakat ber-beda seperti ada yang mau berangkat, ada yang mau mengirimkan kiriman ke anak atau keluarga yang sedang kuliah di negeri orang dan juga ada yang belanja kebutuhan di opsi-opsi atau pedagang sayur yang sering berjualan di pelabuhan. 


Selain dari pada itu pengusaha-pengusaha kecil seperti orang yang berjualan sembako di kios-kios/atau toko-toko kecil pun harus belanja di kapal dan di tanah baru untuk menyetokkan barangnya di kios-kios mereka. 


Terkadang jika waktu gelombang tiba kesusahan pengusaha membelanjakan untuk menyediakan stok barangnya di kapal dan di tanah baru mengakibatkan kesusahan karena semuanya harus dengan menggunakan transportasi laut.

Terpisah dari itu semua keindahan laut dan alam sekitar terbilang sangat indah, seperti Pantai Uttawarat yang di kenal dengan nama Uttawarat Beach yang berada di desa utta terletak di sebelah barat desa utta.


Sebenarnya masalah gelombang laut dan transportasi laut ini termasuk kendala yang serius di hadapi masyarakat.



Posting Komentar untuk "Pesona Indah Laut Pulau Kesuy Desa Utta Maluku"