Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Seputar Pulau Kesuy-Maluku


Jarak ibukota provinsi maluku dengan pulau kesuy
Sumber: google earth
hasil screenshoot (sabtu 17 juni 2023)

Bloger-Pulau kesuy kecamatan wakate Maluku masih mengalamai kendala soal sistem perbankan sehingga untuk mentransfer dan  menyimpan uang masih membutuhkan jasa orang lain yang memikiki perbankan online sehingga untuk mentransfer sejumlah uang ke keluarga atau anak-anak yang sedang menuntut ilmu di perguruan tinggi di kota ambon atau di luar kesuy masih harus menggunakan jasa orang lain dan tentunya masih membutuhkan biaya adsministrasi yang cukup besar.


Seperti hal nya saya mau mentransfer uang 1.000.000;Rp ke anak saya yang sedang berkuliah di kota sorong, saya harus membayar biaya administrasi 50.000;Rp hingga 100.000;Rp untuk biaya admin.


Harapan masyarakat kesuy pada uamum nya pemerintah setempat dapat dengan serius bisa mengatasi dan segera merealisasikan masalah soal perbankan ini.


Pulau Kesui meruapakan salah satu pulau di ujung timur Pulau Seram, terletak di antara pulau watubela dan pulau teor dan masuk dalam kategori pulau terluar, terdepan dan tertinggal (3T).
Peta jarak kota kabupaten seram bagian timur dengan pulau kesuy
Sumber: google earth hasil
 secreenshoot (17 juni 2023)


sebenarnya bukan hanya agen perbankan yang menjadi kendala akan tetapi masih banyak lagi seperti perputaran ekonomi lainnya di anataranya jual dan beli hasil laut maupun hasil pertanian masyarajat setempat.

Jika di lihat hingga saat ini masyarakat masih sangat kesulitan dalam menjual hasil pertanian maupun hasil nelayannya. Pertama kendala yang serius merupakan kendala akses jalan atau transportasi.


Sering kita lihat bahwa masyarakat harus menempuh jarak beberapa KM untuk sampai di kota kecamatannya untuk menjual hasil pertanian seperti Pala, Cengkeh,Kopra dan lain sebagainya. Gambaran kecil yang Contohnya dari desa ilili pulau watubela harus menempuh ber begai rintangan arus laut dan gelombang tinggi untuk bisa menjual hasil pertanian mereka ke Tamhertimur  tentunya itu merupakan hal yang tidak gampang seperti yang kita bayangkan.

Peta jarak Desa ilili dengan kota kecamatan
Sumber: google earth,
Hasil screenshoot (17 juni 2023)

Desa ilili merupakan desa paling ujung utara kepualauan watubela yang harus menempuh ke kota kecamatan yang berada di ujung timur pulau kesuy.


Untuk di ketahui bersama pulau kesuy merupakan pulau yang berada kedua dari ujung kabupaten seraam bagian timur Maluku. Sedangkan yang paling ujung di kabupaten seram bagian timur adalah kecamatan teor.
Jarak dari ibukota provinsi Maluku" Kota Ambon" Ke pulau kesuy 127 mil dan transportasi yang hanya dapat di tempuh melalui kapal laut karna melewati pulau-pulau  lainnya.


Sebenarnya potensi alam (SDA) di kesuy dan sumber daya manusianya (SDM) pun cukup memadahi akan tetapi kendala utama dari perekonomian adalah transportasi yang hanya dapat jangkau melalu laut, shingga para pengusaha yang ingin sekali mengelola potensi alam daerah itu sangatlah sulit.


Semoga kendala masyarakat  Kecamatan Kesuy Kabupaten Seram Bagian Timur provinsi Maluku yang ada dapat segera di atasi oleh pemerintah setempat.


Banyak sekali potensi wisata alam seperti Pantai-pantai dengan pasir putih dan terumbuh karang yang indah yang layak di jadikan sebagai tempat destinasi wisata Alam.


Itulah sedikit informasi seputar pulau kesuy kecamatan Wakate Kabupaten Seram Bagian Timur Maluku.

Posting Komentar untuk "Seputar Pulau Kesuy-Maluku"