Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Keaneka Ragaman Kepulauan Watubela


Kapal pesiar the Word mengelilingi kepulaun watubala kabupaten seram bagian timur maluku

Blogger-Indahnya keaneka ragaman indonesia khususnya kepulauan watubela, namun jika kita berbicara tentang kepulauan watubela itu akan mencakup terlalu luas maka dari itu, saya akan membahas tentang masyarakat kesuy pada khususnya, seperti mata pencaharian, atau sumber penghasilan, makanan pokok serta hasil alam yang mendukung penghasilan masyarakat setempat.

Jika kita berbicara menyangkut kepulauan watubela berarti kita akan membahas tentang 3 pulau besar yang berada di kepulauan watubela pulau yang terletak di ujung  kabupaten seram bagian timur  maluku yang terdiri dari pulau watubela itu sendiri, pulau kesuy dan pulau teor. Mengapa pulau teor, kesuy termasuk dalam kepulauan watubela ??

Menurut rumor yang beredar di kalangan masyarakat bahkan tokoh adat setempat, dari 3 pulau teor,kesuy dan watubela, pulau watubela lah yang paling utama muncul sebelum 2 pulau besar yang bernama teor, dan kesuy, maka dari itu 3 pulau besar tersebut di sebut di peta dunia adalah kepulauan watubela.

Seperti yang sudah saya infokan sebelumnya di atas, kali ini kita akan membahas tentang keseharian  masyarakat pulau kesuy, mulai dari makanan pokok dan sumber penghasilan.

Untuk makanan pokok masyarakat kesuy adalah sagu seperti pada umunya masyarakat maluku, namun bukan berarti tidak ada beras untuk di jadikan nasi.

Sebenarnya kebanyakan masyarakat pada umumnya harus makan nasi dari pada sagu dan setiap orang jika belum makan nasi itu berarti belum bisa mengenyangkan, itu berarti walaupun makanan pokoknya sagu namun beras masih menjadi dominan kegemaran masyarakat pulau kesuy.

Penghasilan pokok adalah hasil pertanian, nah hasil pertanian sendiri ada hasil yang paling dominan juga ya itu seperti hasil rempah PALA dan CENGKEH namun yang paling dominan dan sangat menunjang adalah buah pala, dan pala sendiri ada berbagai macam buah pala, seperti pala panjang, pala liat, dan pala bundar,
Jenis-jenis pala ini sangat berpengaruh untuk penghasilan masyarakat kesuy.

Selain pala ada juga Cengkeh namun cengkeh ini biasanya memakan waktu 6 bulan sekali buah dan sekali panen, intinya Cengkeh dalam setahun di panen hanya dua kali saja.

Sedangkan buah pala dalam setahun bisa penen 4 kali lumayan kan jika yang punya ratusan pohon pala.

Selain Pala, Cengkeh, tentunya daerah kepulauan pesisir adalah tempatnya pohon kelapa setia melambai di sepanjang pantai mulai dari pulau igar hingga pulau teor.

Kesimpulannya adalah kepulauan watubela merupakan kepulauan yang berada di ujung kabupaten seram bagian timur maluku dengan hasil rempah pala,cengkeh kelapa yang lumayan melimpah yang menunjang penghasilan masyarakat kepulauan watubela.

Kapal pesiari terbesar di mengelilingi kepulauan Watubela

Salain hasil dari pertanian tentunya daerah kepulauan watubela merupakan salah satu daerah kepulauan yang sangat melimpah hasil lautnya seperti ikan dari bermacam jenis ikan laut.

Indahnya keberagaman keanekaragaman hayati di kepulauan watubela menambah keindahan alam indonesia pada umumnya.

Posting Komentar untuk "Keaneka Ragaman Kepulauan Watubela"