Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kepulauan Kesuy dan teor

pulau kesuy merupakan pulau yang indah nan Alok dengan berbagai destinasi alamnya. Pulau kesuy adalah salah satu kecamatan yang berada di kabupaten seram bagian timur provinsi Maluku. Kesuy sendiri terdapat tiga pulau yang di sebut sebagai WAKATE yang artinya: 

1. Watubela

2. Kesuy

3. Teor

peta kepulauan kesuy dan teor
Sumber google mape

Disingkat menjadi wakate dan di resmikan menjadi kecamatan WAKATE.

Kecamatan WAKATE berjalan hingga beberapa tahun dan pada akhirnya kepulauan Teor resmi di mekarkan menjadi kecamatan sendiri ya itu kecamatan Teor dan hingga sekarang pulau kesuy dan pulau Teor resmi menjadi dua kecamatan yang berbeda.


Penghasilan masyarakat pulau kesuy dan teor


Secara garis besar masyarakat pulau kesuy dan teor memiliki mata pencaharian dari hasil hutan dan hasil laut.

Walaupun terlihat kepulauan di hutan pulau kesuy memeliki hasil rempah-rempah yang cukup memadai untuk memenuhi kebutuhan masyarakat setempat, di antaranya: 

Hasil Kebun atau hasil dari hutannya.

1. Pala,

2. Cengkeh

3. Kelapa

Dari beberapa hasil kebun yang telah di sebut atas adalah hasil pokok masyarakat pulau kesuy dan pulau Teor, karena seperti yang kita ketahui pala merupakan hasil rempah-rempah dalam setahun dapat di panen sebanyak 4-5 kali. 

Pala sangat dominan di kepulauan kesuy dan teor di karenakan setiap kepala keluarga atau biasa di sebut setiap mata rumah kadang memiliki ratusan pohon.

Dan yang kedua adalah cengkeh, cengkeh merupakan hasil yang sering di panen dalam setahun terdapat dua kali panen, dan juga merupakan hasil dominan kedua dari pala,

Ketiga adalah kelapa, seperti yang kita ketahui daerah kepulauan merupakan daerah yang pastinya terdapat banyak pohon kelapa di setiap pesisir pantainya dan kelap sendiri untuk panen tidak tergantung pada tahun dan bulan tertentu.

Masyarakat setempat memanfaatkan buah kelapa selain untuk menjadikan Kopra juga di buat untuk menjadi minyak kelapa alami. Dan ini di buat secara manual dantentunya yang alami itulah yang sangat di gemari seluruh masyarakat.


Baca sumber terkait tentang pulau kesuy dini

Hasil Laut

Sudah tak heran lagi jika masyarakat pesisir itu memiliki keahlian selain bertani mereka juga memilik keahlian menjadi nelayan, jadi memiliki dua profesi ya itu petani dan nelayan.

Untuk hasil laut sendiri terdiri dari berbagai jenis ikan, cumi-cumi, gurita,teripang, dan barbagai macam kerang.

Namun untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari ikan sangat mendominasi di karenakan ikan merupakan lauk utama bagi masyarakat setempat.

Untuk di ketahui hasil alam kepulauan kesuy dan teor cukup memadai akan tetapi masih memiliki banyak kendala di antaranya transportasi laut, sehingga bisa di bilang perputaran keuangan di kepulauan kesuy dan teor bisa di katakan masih lambat.

Lihat berdasarkan Google map disini



Posting Komentar untuk "Kepulauan Kesuy dan teor"