Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cerita seputar pesisir-Desa utta


Tampilan desa utta seram bagian timur dari laut

Bloger-Untuk di ketahui indonesia di sebut dengan negara seribu pulaul, julukan di berikan kepada negara tentunya punya suatu alasan yang sesuai dengan tata letak geografis negara kita ya itu negara yang terdiri dari berbagai pulau di nusantara.

Dalam pembahasan kali ini saya akan membahas tentang desa atau kampung yang berada di kepulauan wakate terkhususnya di pulau kesuy.
Berikut adalah daftar nama desa yang ada di pulau kesuy. Tetapi sebelum di mulai perlu di ketahui bahwa di pulau kesuy atau wakate terdiri dari dua pulau juga di antaranya pulau watubela dan pulau kesuy.
Salah satu desa di pulau kesuy.


Peta Desa Utta kecamatan kesuy kabupaten sersm bagian timur

Desa Utta

Desa Utta jika di lihat dalam peta di tuliskan dengan Oeta 
Hasil dan Aktifitas kesaharian Masyarakatnya:
Pertama hasil Kebun atau biasa di sebut dengan hasil tani, dalam hasil tani terdiri dari hasil rempah-rempah seperti Hasil Pala dan Hasil Cengkeh namun yang paling dominan adalah hasil Rempah Pala karna hasil rempah pala ini biasanya di panen tiga bulan sekali walaupun tidak banyak namun dapat membantu penghasilan masyarakat setempat.
hasil Rempah Cengkeh, untuk di ketahui bersama bahwa cengkeh di panen selama satu tahun sekali itupun jika tidak teserang cuaca hujan, tentunya pala mendominan pendapatan hasil pertanian masyarkat setempat.
Pelain Pala dan Cengkeh masyarakat juga berkebun seperti pada umumnya yaitu berkebun untuk menanam Singkong dan sayur-sayuran untuk dapat memenuhi sandang dan pangan, tetapi perlu di ketahui masyarakat setempat pada umumnya selalu memakan beras seperti masyarakat indonesia pada umumnya walaupun tidak ada perkebunan sawah di sana tetapi ada ketersediaan beras di toko atau kios pengusaha yang dapat di beli oleh masyarakat setempat.


Hasil Laut :

Untuk perlu di ketahui hasil laut yang paling dominan adalah ikan dengan berbagai jenis ikan mulai dari ikan air dangkal hingga ikan air dalam tetapi tentunya tidak ada ikan air tawar seperti mujair dan ikan lele.
Selain ikan adapula hasil laut yang lainnya seperti teripang, lola dan batu laga tetapi itu sekarang sudah termasuk mollusca yang di lindungi sehingga masyarakat memusatkan pencaharian nelayannya hanya degan memancing ikan, hanya saja untuk memasarkan ikan untuk penjualan sangatlah susah di karenakan tidak ada penyedia tempat penjualan ikan khusus seperti pasar, sehingga sistem pemjualannya hanya menggunakan cara tradisional saja dan tentunya ikan tidaklah begitu berharga di karena banyaknya nelayan dan tidak ada penampung ikan besar shingga pendapatan nelayan hanya cukup untuk makan sehari-hari. 
Cara memancingnya juga mengguanakan cara tradisonal saja seperti memakai mika dan kail biasa, menggunakan jaring biasa, intinya cara nelayan mencari ikan dengan menggunakan cara tradisional juga.
Untuk masyarakat setempat sebagian besar memiliki keahlian multi fungsi mengapa saya mengatakan demikan? di karenakan yang jadi nelayan adalah petani dan yang menjadi petani adalah nelayan bahkan pertukangan dan mebeler pun orang yang bisa nelayan bertani.



Mungkin itu sedikit informasi tentang kehidupan masyarakat desa utta kecamatan kesuy.
Untuk pembahsan desa yang lainnya akan di uraikan di halaman yang lainnya.
untuk itu jika ada kalimat yang kurang atau keliru mohon untuk di masukan di kolom komentar dan akan di tambahkan dalam halaman ini.



Posting Komentar untuk "Cerita seputar pesisir-Desa utta"