Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Abrasi di Desa Utta yang Sering Terjadi Saat Musim Gelombang Tiba


Blogger-Dari berbagai cerita tentang keindahan alam pulau kesuy ternyata  terdapat beberapa terjadinya Abrasi "Pengikisan tanah oleh air laut" sering terjadi.


Tentunya kejadian hal tersebut sering terjadi bukan hanya di kesuy melainkan pernah terjadi di setiap Desa yang berada di kepulauan karena setiap desa terletak tepi pantai.


Meskipun ada yang jauh dari pantai namun pada umumnya desa-desa pesisir selalu sangat dekat dengan pantai sehingga jika musim gelombang naik pasti akan terjadi hal-hal yang merugikan masyarakat setempat.


Dalam artikel ini saya akan membahas tentang terjadinya pengikisan tanah oleh air laut "Abrasi" Di desa utta kecamatan wakate seram bagian timur maluku.


Kerusakan materi akibat abrasi desa utta maluku
Desa Utta
Pantai Elimuli
Kejadian tersebut terjadi pada 11 september 2021 namun tentunya hal seperti ini sering terjadi walaupun telah di buat berbagai cara oleh masyarakat desa tersebut.


Kejadian gelombang besar serta air pasang yang sering menimbulkan Abrasi di desa utta khususnya.sehingga merobohkan beberapa pemukiman warga yang berada tepat di dekat pantai.


Untuk desa Utta gelombang besar dan air pasang selalu datang pada waktu angin barat.
Sebenarnya jika angin barat berhembus itu tidak mempengaruhi atau tidak terjadi abrasi karna desa utta sendiri berada di bagian timur pulau kesuy dan jika angin barat datang desa Utta masih di lindungi oleh pesisir barat yang di namakan Uttawarat.


Yang menjadi sebab terjadinya abrasi adalah setiap waktunya angin barat datang ada sesekali bergantian angin dengan angin Utara.
Sebab terjadinya abrasi di desa Utta selalu terjadi pada angin uttara di karenakan angin utara berhembus langsung dari samping pipi kiri dari desa tersebut. Dan angin utara identik dengan air pasang dan gelombang besar.
Walaupun berbagai upaya dari masyarakat dan pemerintah setempat namun pengikisan tanah  oleh air laut "Abrasi" masih sering terjadi.


Ada beberapa masyarakat yang sering menjadi korban materi oleh kejadian ini, namun disni saya tidak akan menyebut namanya.


Sedikit cerita kejadian pilu di balik keindahan kepulauan kesuy terkhususnya di desa utta.
Namun tentunya hal serupa sering terjadi di setiap daerah pesisir dimanapun berada.

Semoga cerita suka duka di balik keindahan pulau kesuy ini dapat menggambarkan kepedulian para pembaca agar dapat turut gotong royong memperhatikan setiap masyarakat pesisir dimanapun berada di seluruh wilayah indonesia maupun di luar negeri.

Posting Komentar untuk "Abrasi di Desa Utta yang Sering Terjadi Saat Musim Gelombang Tiba"